The Golden Age of Islam - Al-Kindi








PARA PEMIKIR MUSLIM AWAL :
Karya Dan Pengaruhnya

_______________________________________________________

Assalamualaikum Wr. Wb,

Al-Kindi, " Filosof Arab"

Abu Yusuf Yakub Ibnu Ishaq al-Kindi (wafat 873 M), dikenal sebagai filosof bangsa Arab (The Philosopher of The Arabs), merupakan filosof muslim pertama dan satu-satunya filosof hebat dari keturunan Arab.

Sebagai seorang ilmuwan yang serba bisa, banyak karya fenomenal yang telah dihasilkannya, seperti karyanya tentang matematika, astrologi, fisika, kedokteran, farmasi, geografi, dan musik, serta empat karyanya tentang pemakaian bilangan-bilangan Hindu. disamping menertjemahkan karya-karya dari bahasa Yunani ke dalam bahasa Arab dan kajiannya terhadap karya-karya Aristoteles dalam perspektif Neoplatonis yang banyak mempengaruhi para pemikir Arab dari generasi ke generasi.

Dua karya al-Kindi, tentang geometri dan optik fisiologis dijadikan rujukan oleh Roger Bacon dan ahli fisika Jerman, Witelo. Al-Kindi, merupakan seorang tokoh muslim pertama yang menulis tentang musik, yang meliputi pembahasan notasi dalam penentuan nada suara. Ia juga mengarang tulisan-tulisan pendek, yang kebanyakan berhubungan dengan etika dan filasat politik seperti "On Morals" (tentang moral), On Facilitating The Paths to The Virtues (tentang memudahkan jalan menuju kebajikan), On The Wording off People (tentang pemerinthan rakyat biasa, dan Account of Intelect ( pembahasan tentang akal).

Pengaruh al-Kindi sangatlah terasa sekali sehingga Geronimo Cardano (1501-1576), seorang ahli kedokteran dan matematika berkebangsaan Italia menganggapnya dan menempatkan al-Kindi sebagai salah satu dari dua belas pemikir besar dalam sejarah.
Nah, ... ana buka Para Pemikir Muslim Awal dari buku The Golden Age of Islam dengan al-Kindi, yang karya-karyanya banyak mempengaruhi perkembangan Ilmu dan Pengetahuan di Dunia Barat, dalam rentang waktu, antara tahun 750-1400 M, dunia barat harus berterima kasih kepada para pemikir dan ilmuwan Muslim yang ternama sepanjang sejarah, ... kapasitas dan kemasyhuran mereka bahkan tidak tertandingi lagi hingga sekarang ini.

Dan berikutnya InsyaAllah, ... akan ana ketengahkan tokoh Muslim lainnya, yakni al-Farghani, dan apabila ada yang mempertanyakan mengapa ana memposting artikel-artikel tentang masa-masa kejayaan Islam?, .... apakah ana bermimpi tentang masa lalu yang indah dan membanggakan kita kaum Muslimin, ... jawaban ana, adalah .... Iya, ana memimpikan masa lalu Kebesaran Islam akan muncul kembali, ... dan ana menggelitik tokoh-tokoh/ pemikir-pemikir muda kita, untuk kembali menegakan panji-panji Islam ditengah kekacauan dunia saat ini, .... mengapa ana keburu tua?, sehingga tidak bisa berjuang bersama tokoh2 muda Muslim lainnya.

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam memposting tulisan ini.

Hanya Kepada Allah Ta'ala kita menyembah, dan memohon Pertolongan- Nya.

Wassalamualaikum Wr. Wb,

Umar - Tukang Nasi
Tebarkan Ilmu & Amal Kebajikan